Rabu, 13 Januari 2016

Metode Mengajar ala Rasulullah SAW

Dalam memberikan pendidikan kepada siswa haruslah disampaikan dengan metode mengajar yang baik, agar siswa dapat mengerti dan mengingat materi yang diajarkan dengan mudah. Oleh karenanya, metode yang dipilih oleh guru privat dalam mengajar bias mengaplikasikan beberapa metode yang telah diterapkan oleh Rasulullah SAW. Dengan mencontoh apa yang diajarkan oleh Rasulullah, insya Allah akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Story telling adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara bercerita. Dengan bercerita siswa akan mengimajinasikan apa yang telah guru privat ceritakan kepadanya, oleh karenanya siswa akan mudah mengingat apa yang telah guru privat ajarkan dengan  cara bercerita. Dalam hal ini contoh mata pelajaran yang bisa dilakukan dengan metode ini adalah mata pelajaran agama Islam, pkn, dll.

Body language adalah menyampaikan materi dengan bahasa tubuh, terkadang seseorang dapat mengingat sesuatu hal apabila dia teringat body language orang yang menyampaikan. Dengan demikian metode ini dapat lebih mudah diingat dan dipahami oleh siswa.

Analogy and case study adalah memberikan perumpamaan dan studi kasus yang nyata dalam kehidupan. Dengan memberikan contoh kasus nyata yang ada pada lingkungan sekitar siswa, sudah dipastikan untuk yang sama siswa sudah akan lebih peka dan lebih mengerti.

Teaching and motivating adalah kegiatan mengajar yang disisipi motivasi yang baik terhadap siswa. Sehingga siswa dapat meningkatkan gairah belajar dan keingintahuan yang lebih mendalam mengenai materi yang telah diberikan. Lebih baik lagi jika siswa akan bersemangat untuk belajar hal lain, dan haus akan ilmu pengetahuan.

Picture and graph adalah memberikan penjelasan yang diperkuat dengan gambar, sehingga siswa dapat mengerti secara langsung tanpa membayangkan yang belum tentu sesuai dengan yang dimaksudkan.

Mind mapping adalah mengajak siswa untuk membuat peta pikiran. Setelah memberikan cerita, penjelasan, analogi, dan lainnya tahap selanjutnya yang akan berikan kepada siswa  adalah mengajak membuat mind map. Mind map atau peta pikiran ini adalah hasil rangkuman dari semua materi yang sudah dipelajari yang ditulis atau digambar dalam suatu peta pikiran. Peta pikiran disini hanya memuat poin-poin penting dalam materi.

Commenting on student answer adalah memberikan komentar yang membangun terhadap siswa. Setiap akhir proses pembelajaran akan diadakan sesi tanya jawab. Siswa akan saya berikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi yang telah diajarkan, selanjutnya guru privat bias memberikan komentar terhadap apa yang telah diberikan dengan siswa. Namun tetap  dengan komentar yang membangun.


Honesty, seorang guru haruslah menanamkan sikap mulia terhadap siswa, siap mengakui ketidaktahuan dalam dirinya, dan melatih siswa untuk mengakui ketidaktahuan dalam dirinya. Sehingga dari ketidaktahuan tersebut menimbulkan semangat dalam menuntut ilmu. 


Author

Mia (Tutor Best Choice)

0 komentar:

Posting Komentar