Jumat, 20 November 2015

Tutor Les Privat adalah Teman Belajar Siswa

Les Privat Malang Belajar sebagian besar mungkin menjadi sebuah momok tersendiri atau hal yang paling membosankan bagi siswa. Hal ini dapat dimaklumi karena saat di sekolah mereka telah dijejali dengan pelajaran dan banyak materi yang diserap setiap harinya. Apalagi jika di luar sekolah siswa masih diharuskan untuk mengikuti pelajaran tambahan (les) baik yang disediakan oleh sekolah maupun maupun pihak luar sekolah. Namun demikian, belajar juga merupakan suatu kewajiban bagi siswa. Meskipun sebenarnya juga perlu dilakukan bagi semua orang karena belajar bukan hanya menjadikan kita lebih pintar namun juga bermanfaat untuk mengasah otak kita. Dalam hal ini, konteks belajar kita batasi menjadi belajar mengenai pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh guru-guru di sekolah yang telah sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Kemetrian Pendidikan.

Les Privat Malang Belajar akan menjadi hal yang sangat menyenangkan apabila pelajaran tersebut merupakan pelajaran yang kita senangi ataupun pelajaran yang kita anggap mudah. Misalnya sesuai pengalaman saya semasa sekolah dahulu pelajaran kimia merupakan pelajaran favorit saya karena saya merasa mampu dan pelajaran tersebut sangat menyenangkan. Akan lebih lengkap karena sang guru yang menyampaikan pelajaran tersebut sangat pandai dalam membuat murid-muridnya paham dengan gaya belajar yang tidak membosankan. Meskipun demikian, setiap murid tetap mempunyai kriteria sendiri mengenai pelajaran favoritnya. Mungkin sebagian murid menyukai pelajaran tertentu, sementara sebagian lagi tidak.



Les Privat Malang Tidak dapat dipungkiri peran guru dalam menyampaikan pelajaran sangat berpengaruh bagi daya serap siswa terhadap pelajaran tersebut. Kita mungkin bisa membuat standar kompetensi untuk guru yang mengajar pelajaran tertentu namun kita tidak bisa membuat standar karakter tertentu untuk sang guru karena kepribadian setiap orang yang berbeda-beda. Sebagai contoh, dalam setiap sekolah bisa dipastikan terdapat guru yang sangat disiplin dan keras kepada murid-muridnya. Sikap guru yang seperti ini bisa saja memberikan dua dampak, 1) murid-murid akan lebih disiplin dan segan terhadap guru atau 2) murid-murid akan takut dan enggan untuk menerima pelajaran yang disampaikan karena rasa tidak suka terhadap gurunya. Sementara itu juga terdapat guru yang bisa membaur dengan murid-muridnya juga akan memberikan dua dampak, 1) murid-murid akan lebih fleksibel menerima materi yang disampaikan atau 2) kedekatan guru yang terlalu dekat justru akan membuat rasa sopan atau batas antara guru dan murid menjadi sangat tipis. Dari contoh di atas dapat diperoleh kesimpulan bahwa selain gaya penyampaian guru, juga moral dan kepribadian sang muridlah yang paling berperan dalam proses belajar-mengajar.

Les Privat Malang Menjadi tutor pun sesungguhnya tidak mudah. Jika seorang guru di sekolah memiliki riwayat pendidikan yang memang mendidiknya untuk menjadi seorang guru, kebanyakan orang yang menjadi tutor justru tidak memiliki latar belakang pendidikan sebagai guru. Namun juga banyak guru sekolah yang juga menjadi tutor. Sebenarnya modal utama untuk menjadi tutor bukanlah pendidikan yang harus berlatar seorang guru, namun pengetahuan dan cara penyampaian yang baik. Pengetahuan dalam tentu diperoleh dari pendidikan secara formal yang pernah diperoleh sebelumnya. Sementara cara penyampaian yang baik dapat diperoleh dari banyaknya menjalin komunikasi dengan banyak pihak sehingga pengalaman yang diperoleh pun beragam.

Les Privat Malang Tambahan belajar (les) sebaiknya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siswa karena mereka tentunya telah merasa jenuh dengan apa yang diperoleh di sekolah, apalagi materi yang disampaikan juga serupa dan sebagian besar hanya mengulang karena pada prinsipnya les dilakukan untuk memperkuatmateri yang telah diberikan sebelumnya sehingga murid akan lebih paham. Belajar akan lebih mudah apabila antara tutor dan murid telah terjalin cukup kedekatan, tentunya dengan batas antara tutor dan murid yang masih ada. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan memulai kegiatan pembelajaran dengan kegiatan berdoa bersama. Lalu sharing dengan menanyakan terlebih dahulu apa yang telah dilakukannya di sekolah hari ini? Ada hal menarik apa di sekolah? dll. Hal-hal eperti ini mungkin akan membuat dia merasa anda adalah temannya yang nyaman dan dapat dipercaya. Selai itu dapat pula memancing kemampuan dia dalam berbicara dan berpendapat. Hal ini dapat dimulai dengan menceritakan mengenai diri anda sendiri, ceritakan hal lucu yang pernah anda alami dan sebagainya.







http://www.teachmetutor.com

Les Privat Malang Sebenarnya seorang tutor bukanlah benar-benar seorang guru. Tugas utama tutor  adalah sebagai teman belajar muridSeorang tutor harus menjadi orang yang paling mengerti kebutuhan murid akan pendidikan, paling mengerti akan kesulitannya dalam pembelajaran dan paling mengerti dalam masalapergaulannya di sekolah. Seringkali ketika tiba waktu les, si murid mungkin sedang dalam mood yang kurang baik atau lelah dengan aktivitasnya di sekolah atau di rumah. Untuk mengatasinya mungkin dapat dengan memberikan variasi dalam mengajar misalnya dengan memberikan games, memberikan hadiah ketika dia mampu menjawab pertanyaan, atau membuat hukuman-hukuman yang lucu ketika dia tidak mampu menjawab pertanyaan sehingga dapat mencairkan semangat dan motivasinya untuk belajar. Bicara mengenai motivasi, seorang tutor juga memiliki kewajiban untuk memberikan motivasi kepada muridnya. Hal ini bisa disampaikan melalui cerita mengenai pengalaman yang dialami sebelumnya yang dapat dijadikan pelajaran untuk murid sehingga ia memiliki motivasi untuk lebih baik dari kita. Terlepas dari bagaimana metode yang diterapkan oleh setiap tutor, hal yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang tutor adalah rasa tulus serta kesabaran.

By


0 komentar:

Posting Komentar