Jumat, 20 November 2015

Kiat Sukses Menjadi Tutor Les Privat

Kiat Sukses Menjadi Tutor Les Privat
Les Privat Malang Best Choice Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan. Ada juga beberapa hal yang akan saya terapkan jika saya menjadi pengajar di lembaga les privat Malang Best Choice.Berikut saya akan jelaskan secara singkat.

http://www.turningpointtutors.org

1. Menjaga
Penampilan
Les Privat Malang Best Choice Penampilan adalah hal pertama yang harus kita perhatikan. Apalagi pada hari pertama mau mengajar. Ingatlah bahwa "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah kita". Memang harus diakui jika pakaian mahasiswa yang layak pakai dan sopan bias dihitung dengan jari, tapi usahakanlah menggunakan pakaian yang pantas dan memantaskan diri.

2. Menyiapkan Bahan Ajar dan Medianya
Les Privat Malang Best Choice Guru dituntut harus tampil menyenangkan. Pada beberapa kesempatan untuk menunjukkan hal yang unik kadang saya menyiapkan topic materi yang disusun seperti sebuah game. Hal ini lebih baik daripada diam saja dan tak melakukan perubahan apapun. Sehari sebelumnya atau 1-2 jam sebelum mengajar, coba buat sketsa pembelajaran yang akan dilakukan. Jangan jadi guru-guru yang biasa saja. Guru yang biasa saja sudah banyak, jadilah guru yang dapat menginspirasi.

3. Memulai dengan Doa dan Cerita
Les Privat Malang Best Choice Mulailah kegiatan pembelajaran dengan kegiatan berdoa bersama. Lalu tanyakan dulu apa yang telah dilakukannya di sekolah hari ini? Bagaimana keadaan pacarnya, temannya atau gurunya? Ada hal menarik apa di sekolah? dll. Biarkan dia merasa kita adalah temannya yang nyaman dan dapat dipercaya. Pada pertemuan pertama mungkin kita tidak bias memaksanya untuk curhat terlebih dahulu.

4. Kita adalah Teman Belajar Mereka, Bukan Guru Kelas
Les Privat Malang Best Choice Jangan terlalu idealis, sampai-sampai kita juga ikut-ikutan memberikan pekerjaa rumah (PR) untuk murid kita. Mereka sudah stress dengan jadwal les musik, bimbingan belajar, tugas sekolah yang menumpuk. Kita harus menjadi orang yang paling mengerti kebutuhan siswa akan pendidikan, paling mengerti akan kesulitannya dalam pembelajaran dan paling mengerti dalam masalah pergaulannya di sekolah. Jadi tak perlu marah atau pun menunjukkan muka kesal jika siswa kita mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. 

5. Tanamkan Sikap Moral dan Bangun Karakternya
Les Privat Malang Best Choice Anak pintar sekarang itu sudah banyak di Indonesia, yang dibutuhkan sekarang itu siswa yang jujur, terbuka, pantang menyerah dan ramah. Bentuk karakternya, itu yang susah. Kalau mau dapat nilai bagus gampang, suruh saja menghapal dan mengerjakan soal-soal latihan. Pasti hasilnya akan bagus. Pakai sistem kebut semalam saja bisa. Tapi untuk membentuk karakter, akan memerlukanwaktu yang lama. Bertahun-tahun.Cobalah tunjukkan sikap yang terpuji, jangan pernah telihat cemberut di depan siswa. Jadilah aktor yang baik. Selalu tersenyum, member semangat dan memuji. Jika dia salah berikan koreksi yang lembut dan sesuai dengan karakternya.

6. Memberi Penghargaan
Les Privat Malang Best Choice Mencoba untuk member dia penghargaan kalau mendapat nilai bagus atau setelah melakukan hal terpuji seperti eskrim atau hadiah lain. Begitu juga ketika dia ulang tahun jangan lupa mendoakannya. Hal ini dilakukan agar ikatan batin antara guru dan siswa semakin menguat.

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



By 
Alif (Tutor Bahasa Inggris Best Choice)



0 komentar:

Posting Komentar